19
Nov

small thumb

Fotografi Bagian Penting dalam Pariwisata

 
Dunia fotografi memiliki kontribusi yang sangat penting untuk memperkenalkan dan mempromosikan destinasi pariwisata kepada masyarakat luas.
Dengan visual yang dihasilkan sebuah kamera dan dipadukan dengan teknik pengambilan yang tepat, hal itu bisa menjadi jurus promosi paling ampuh untuk sebuah destinasi wisata.
Hal tersebut dikatakan Qwadru P Wicaksono, salah satu narasumber Bincang Foto dalam event Welcome to Senggigi yang bertempat di Aruna Seaview Senggigi, Jum'at (19/11/2021).
"Karena melalui foto itulah orang akan mengenal dan mulai tertarik dengan daerah kita," kata Qwadru.
"Oleh karena itu, seorang fotografer bisa menjadi bagian penting dalam dunia kepariwisataan," lanjut fotografer professional yang juga pemilik Coffee Shop Wangi-Wangi Kopi ini.
Peserta Sharing Session ini sendiri adalah para peserta Lomba Fotografi dalam event Photo Exhibition Harmoni Lombok Barat yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) sejak bulan Oktober lalu.
Dari hasil lomba foto, 42 foto nominasi yang sudah terseleksi berhak mengikuti pameran foto yang dimulai sejak Kamis kemarin di tempat yang sama.
Selain Qwadru, Sharing Session ini juga mengundang Rizal Amir juga seorang fotografer professional dan juga fotografer bawah laut professional Marta Saputra.
Heru, salah satu peserta Photo Exhibition yang masuk 42 nominasi mengatakan jika spot-spot wisata alam maupun budaya di Lobar masih banyak yang belum terekspose.
"Jadi kalo bisa exhibition dan acara fotografi seperti ni harus sering diadakan, soalnya sekarang orang-orang interestnya lewat sosial media, apalagi sekarang di tambah ada Mandalika sirkuit, pasti efeknya ke seluruh parawisata di NTB terutama Lobar," ujar Heru.
Baginya ajang sharing session dari tiga pakar fotografi hari ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk mengembangkan ilmu fotografinya.
"Sharingnya seru, apalagi tadi bahas underwater photography, ilmu baru buat saya, karena jarang maen photo bawah laut," ucap pemuda yang memilih foto Desa Tempos dan Pantai Alang-alang Senggigi hasil jepretannya sebagai foto lomba kali ini.
Sementara itu peserta lainnya, Ratna Aziza Auliya mengatakan kebanggaannya bahwa karya fotonya bisa masuk nominasi dan dipamerkan dalam event Welcome to Senggigi.
"Dengan diadakannya event photo exhibition, itu jadi kebanggan tersediri buat kita sebagai fotografer, apalagi saya yg terbilang masih pemula, karena foto kita dipamerkan ditempat umum dan dilihat oleh banyak orang," ucapnya.
Menurutnya hasil foto yang dipamerkan, bisa menjadi bentuk apresiasi sekaligus dorongan untuknya agar terus berkarya dan mempromosikan wisata di Lombok.