08
Jul

small thumb

Hari ke-2 Pelatihan Balawista, Basarnas NTB Pimpin Prkatek Simulasi

Setelah di hari sebelumnya mendapatkan pembekalan teori, di hari ke-2 ini, Kamis (8/7/2021) para peserta pelatihan pemandu wisata Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) melakukan praktek simulasi di kolam renang Dewi Anjani, Dasan Geriya, Lingsar.

Simulasi dipimpin oleh sejumlah anggota dari Basarnas NTB dan Central Diving Indonesia.

Disampaikan I Kadek Agus Ariawan, salah satu instruktur dari Basarnas NTB, pelatihan hari ini mengambil tekhnik water rescue.

"Dalam praktek hari ini para peserta harus mampu menyelamatkan diri sendiri dan baru kemudian menolong orang lain. Salah satunya praktek yang kita berikan hari ini adalah defense and realase, teknik membawa korban di dalam air maupun di darat, hingga teknik melempar pelampung," kata Kadek.

Sebagai daerah kawasan wisata yang mengandalkan atraksi alam wisata bahari di Lombok Barat (Lobar) tentu sangat memerlukan Balawista yang kompeten dan professional yang akan menjadi jaminan keamanan bagi para wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata kita.

Ia kemudian berharap pelatihan seperti ini perlu mendapat perhatian lebih dan sangat perlu ditingkatkan.

"Pelatihan seperti ini perlu ditingkatkan lagi, karena di wilayah NTB ini khususnya destinasi wisata airnya banyak dan luas. Jadi di setiap daerah itu sudah mempunyai Balawista yang bisa dipergunakan atau diberdayakan," ujarnya.

Munzir, salah satu peserta dari Desa Batulayar mengaku sangat senang ikut serta dalam pelatihan yang digagas Dinas Pariwisata Lobar ini. Ia beranggapan teori hingga praktek yang diberikan oleh para instruktur pada pelatihan kali ini merupakan pengalaman yang sangat berharga baginya maupun teman-teman peserta yang lain.

"Pelatihan seperti ini sangat bagus sekali. Karena kita hidup di wilayah pesisir, jadi pelatihan-pelatihan seperti ini memang harus kontinyu dilakukan untuk masyarakat yang ada di daerah pesisir, karena kita tidak tahu yang namanya musibah kapanpun bisa datang," ucapnya.

Oleh sebab itu, imbuhnya, kontinuitas pelatihan seperti ini diharapkan terus bisa dilakukan oleh Dispar baik itu Lobar maupun yang lainnya.