Gubernur NTB ambil bagian dalam Lombok Barat Trail Adventure 3

Foto untuk : Gubernur NTB ambil bagian dalam Lombok Barat Trail Adventure 3
Share

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc ikut serta dalam even Lombok Barat Trail Adventur III yang digelar Pemkab Lombok Barat di kawasan wisata Sekotong, Sabtu, 27 April 2019. Dr Zul sapaan akrab Gubernur NTB ini menjajal 69 kilometer lintasan dengan medan sangat menantang. Bersama ratusan crosser dari berbagai daerah di Indonesia, orang nomor satu di Bumi Gora ini pun mampu menaklukkan lintasan yang dinilai cukup ekstrem oleh para crosser professional. Tak hanya ekstrem, lintasan ini menyuguhkan pemandangan alam pantai dan pegunungan serta lembah yang memanjakan mata para peserta.

Diwawancarai disela-sela acara itu, Gubernur mengatakan even ini tidak hanya diikuti oleh warga Lobar namun dari masyarakat NTB bahkan di luar NTB. Even ini menurut Gubernur sangat baik karena mempertontonkan keindahan alam di kawasan wisata Sekotong dan bisa becengkrama dengan masyarakat sekitar. “Kita dipertontonkan keindahan alam Lobar (sekotong red),kemudian kita bisa bercengkrama dengan masyarakat. Bagi masyarakat keramaian ini kan hiburan juga,”kata Gubernur.

Hasil pantauannya, di sekitar daerah yang dilalui medannya (jalan red) cukup berat. Masalah jalan ini kata dia menjadi Pekerjaan rumah (PR) bagi Pemda dan Pemprov yang cukup besar supaya mobiltas masyarakat di daerah pinggiran bisa diperbaiki dimasa mendatang. Diakui akses jalan di daerah pinggiran di kawasan wisata setempat masih jelek, sehingga hasil pertanian masih diangkut menggunakan sepeda motor. “Karena jalannya belum baik, terbatas jumlah hasil panen yang bisa diangkut,”terang Dr Zul.

Menurut Gubernur asal Sumbawa ini, pembangunan ekonomi memiliki korelasi positif dengan mobilitas masyarakat. Tidak mungkin kata dia mobilitas hasil pertanian, produk pertanian dan perkebunan bisa dibawa ke Kota kalau infrastuktur belum baik. Upaya pemprov sendiri dalam menangani jalan tersebut, pihaknya tentu akan bekerjasama dengan pemda Lobar sebab bagaimana pun mereka adalah masyarakat NTB.

  1. wisata sekotong sendiri lanjut dia memiliki eksotisme yang sudah terkenal. Tinggal kata dia, diperbaiki infrastrastrukturnya saja. Persoalan infrastruktur ini bukan tanggung jawab pemda Lobar saja namun pemprov dan pemerintah pusat. Sebab yang punya hak menikmati keindahan Sekotong bukan hanya warga NTB, namun seluruh Indonesia. Ia menambahkan, melalui even trail ini bisa menyatukan semua, sehingga bisa kompak berpetualang menikmati keindahan alam Sekotong.

Sementara itu Bupati Lobar, H Fauzan Khalid mengatakan even trial adventure ini yang ketiga kali ini digelar Pemda Lobar secara berturut-turut, pertama kali diadakan di Gerung, lalu di Senggigi dan tahun ini diadakan di Sekotong. Even ini sekaligus menjadi penutup rangkaian perayaan HUT Lobar ke 61. “Pilihan Sekotong punya banyak alasan, pertama kita ingin membangkitkan pariwisata Lobar khususnya dan NTB umumnya yang sempat down pascagempa. Kedua kita ingin lebih mengenalkan lagi keindahan panorama alam Sekotong,”jelas dia. Even trial kali ini lanjut dia diikuti oleh banyak peserta mencapai 800 orang bikker atau crosser dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain even trail ini kata dia, secara lingkup nasional ada beberapa kegiatan seperti festival jazz dan mekaki marathon yang digelar pemda. Disamping even-even bersifat lokal. Kedepan ia menargetkan agar banyak lagi even yang bisa digelar. Pihaknya tertantang untuk menggelar even triathlon, surving karena di kawasan setempat ada lokasi surving yang luas biasa bagusnya. “Mudahan ini bisa terlaksana kedepan,”jelas dia.

Sambutan
BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN LOMBOK BARAT
PPID KAB.LOMBOK BARAT
DISKOMINFO KAB.LOMBOK BARAT
HUMAS KAB. LOMBOK BARAT
PEMKAB LOBAR