Launching Blibli Mekaki Marathon 2018 di Jakarta

Foto untuk : Launching Blibli Mekaki Marathon 2018 di Jakarta
Share

Sekitar pertengahan September 2018, Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Imam Nahrawi, menyebut bahwa Mekaki Marathon 2018 akan menjadi momentum bagi Lombok untuk bangkit. Sekarang, apa yang ada di benak Imam tersebut akan segera bergerak menjadi nyata.

Bertempat di Gedung Sapta Pesona, Gambir, Minggu (30/9/2018), Mekaki Marathon 2018 mengadakan acara launching sebagai pertanda bahwa acara ini resmi diadakan. Tanggal 28 Oktober, dari semula tanggal 7 Oktober, menjadi titimangsa penyelenggaraan salah satu lomba lari terbesar se-Indonesia tersebut.

Berbeda dengan tahun 2017, nuansa yang hadir dalam Mekaki Marathon 2018 ini sedikit berbeda. Pada 29 Juli, 5 Agustus, dan 19 Agustus 2018, Lombok remuk dihantam gempa dahsyat berkekuatan 6,4 magnitudo, 7 magnitudo, dan 6,5 magnitudo.

Namun, Lombok menolak untuk meringkuk selamanya di hadapan duka. Lombok bertekad mengerahkan segala daya untuk bangkit. Lantas, tekad dan daya itu juga mewujud dalam gelaran Mekaki Marathon 2018.

"Jadi gini. Ini kan, walaupun setiap tahun rencananya Mekaki Marathon diadakan, tapi untuk tahun ini nuansanya beda. Karena setelah Lombok ditimpa gempa, ada sedikit penurunan tingkat kunjungan wisatawan. Kami harap, dengan nuansa seperti itu, Mekaki Marathon bisa bangkitkan semangat masyarakat Lombok, juga semangat para pelaku industri pariwisata," ujar Fauzan Khalid, Bupati Lombok Barat, kepada para pewarta.

"Kami juga ingin meyakinkan kepada wisatawan lokal dan mancanegara, Lombok itu tidak apa-apa. Lombok siap bangkit, masyarakat Lombok kuat dan punya tekad untuk menormalkan kembali kehidupan di Lombok. Mudah-mudahan kami bisa lebih maju lagi ke depannya," katanya menambahkan.

Selain Bupati Lombok Barat, dukungan agar Lombok bangkit lewat Mekaki Marathon ini juga hadir dari elemen lain. Salah duanya adalah pihak Pemerintahan Nusa Tenggara Barat, yang kali ini diwakili oleh Kadisporanya, Eni Nurdin, serta pihak Kemenpar RI, yang diwakili oleh Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran 1 Pariwisata. Baik itu Kadispora NTB maupun Kemenpar RI, berharap bahwa kehadiran Mekaki dapat membuat Lombok kembali menggeliat.

"Mekaki ini ditujukan untuk menjaring 4 juta wisatawan ke NTB. Dengan kegiatan ini, kami ingin informasikan kepada khalayak, NTB siap menjamu wisatawan. Semakin banyak wisatawan yang datang, semakin baik. Kami harap, di waktu sebulan ini, persiapan bisa dimaksimalkan sebaik mungkin. Makin banyak tamu, maka kegiatan ekonomi di NTB juga akan hidup kembali, tidak hanya pariwisata," ujar Kadispora NTB, Eni Nurdin.

"Intinya, Kemenpar mendukung penuh untuk pemulihan destinasi pariwisata di NTB dan Lombok. Berbagai kegiatan sudah kami lakukan untuk hal tersebut, sudah dikoordinasikan juga dengan stakeholder yang ada di NTB, salah satunya adalah event Mekaki ini. Karena dengan melaksanakan event, orang akan melihat kondisi nyatanya seperti apa," ujar Giri Adyani, Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran 1 Pariwisata.

Untuk Mekaki Marathon 2018 ini, pelaksanaannya akan sedikit berbeda dengan Mekaki tahun 2017. Jika tahun 2017 Mekaki Marathon dihelat dalam format full marathon dengan empat kategori (42k, 21k, 10k, dan 5k), maka kali ini, Mekaki Marathon 2018 hanya akan mempertandingkan dua kategori, yaitu 10k dan 5k. Meski begitu, bukan berarti ajang ini akan sepi peminat. Beberapa artis, seperti Wulan Guritno dan Fajar "Alexa", akan ikut serta dalam ajang ini.

"Saya tahun kemarin ikut yang 10k. Jadi, di sini usahanya lebih banyak 30% daripada lari biasa. Lebih berat. Tapi, bukan berarti jadi halangan, karena buat Lombok sendiri kan, karena kemarin dilanda duka, sekarang saatnya untuk bangkit. Di sini kami mau ngajak, kalau ada tantangan harus dilewati. Simbolisnya ya, di Mekaki, ada beberapa tanjakan, tanjakan ini harus dilewati. Lalu kami akan bangkit lagi, kami akan kuat lagi," tegas Fajar.

Registrasi Mekaki Marathon 2018 untuk peserta umum sudah dapat dilakukan secara daring melalui laman www.mekakimarathonofficial.com mulai 10 Juli 2018. Promo early bird sudah diberlakukan mulai 10 Juli hingga 23 Juli 2018. Setelah tanggal tersebut, diberlakukan harga normal hingga tanggal 31 September 2018 pukul 23:55 WIB atau setelah kuota tiket habis.

INFORMASI PENTING :

* Batas Pendaftaran Blibli Mekaki Marathon 2018 adalah H-3 atau 25 Oktober 2018

* Pendaftaran Offline :

  Cafe Ombre

  Jl.TGH.Rafil Hamdani,Karang Pule,Mataram

  Ruko Depan Perumahan "Royal Kenari" Karang Pule

  Contact Person / HP : 081917096505

* Pendaftaran Online Blibli Mekaki Marathon 2018 : www.mekakimarathonofficial.com

Sambutan
BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN LOMBOK BARAT
PPID KAB.LOMBOK BARAT
DISKOMINFO KAB.LOMBOK BARAT
HUMAS KAB. LOMBOK BARAT
PEMKAB LOBAR