Renstra

KATA PENGANTAR

Rencana Strategis Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Tahun 2015 – 2019 disusun berdasarkan amanat RPJMD Kabupaten Lombok Barat Tahun 2014-2019 yang mengedepankan kebijakan pembangunan  pariwisata di Kabupaten Lombok Barat yang ditujukan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, dengan  memperhatikan hakekat dari otonomi daerah, potensi dan aset seni budaya daerah dan pariwisata, kemandirian, peranan serta potensi masyarakat, swasta, instansi terkait, dan perkembangan pembangunan pariwisata pada skala regional dan nasional. Kami berharap Renstra ini secara umum dapat dipergunakan dan dipakai sebagai acuan atau referensi bagi insan (pelaku) pariwisata dalam menyusun proses pemrograman, perencanaan dan pengimplementasian kegiatan serta pelaksanaan sistem evaluasi kerja pada industri pariwisata di Kabupaten Lombok Barat, khususnya Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat.

Kebijakan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat yang menempatkan pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata sebagai salah satu sektor prioritas,perlu diikuti dengan langkah tindak lanjut yang kongkrit dan dilaksanakan secara terencana, terarah, terpadu, bertahap, sinergis dan berkelanjutan. Hal ini diwujudkan dengan penyusunan Renstra SKPD yang memuat harapan dan cita-cita dalam pembangunan kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Barat kedepan yang dijabarkan melalui penetapan visi, misi, tujuan, sasaran, kebijakan, program dan kegiatan

Akhirnya, Rencana Strategis Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Lombok Barat ini dibuat agar dapat dijadikan arah dan pijakan untuk melangkah dalam penanganan terhadap berbagai  permasalahan-permasalahan  kepariwisataan di Kabupaten Lombok Barat sehinggadapat  dilaksanakan secara tepat, terintegrasi dan dapat dipertanggungjawabkan. Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan sebagai masukan terbaik (umpan balik) dalam rangka mengevaluasi keberhasilan pencapaian program kegiatan secara menyeluruh di masa mendatang.

Semoga Rencana Strategis ini bermanfaat, terutama pada pelaksanaan otonomi daerah dan semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kita kekuatan untuk melaksanakan tugas pembangunan di daerah ini.

LATAR BELAKANG

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis yang berada di bawah Pemerintahan Kabupaten Lombok Barat, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian urusan Daerah di bidang Pariwisata serta fungsi dinas sebagai perumusan kebijakan teknis, penyelenggaraan, pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pariwisata.

Filosofi Undang-undang tentang Otonomi Daerah, lebih mengandung arti pemberdayaan dan kemandirian seluruh potensi daerah. Otonomi Daerah perlu disikapi oleh aparatur dengan sikap baru, paradigma baru dan pola pikir (mindset) enterpreunership dan networking (partnership, aliansi, kolaborasi), disertai sikap prilaku yang baru yang menampilkan karakter kuat aparatur yang menampilkan “Organisasional Behavior” professional yang tanggap, cepat, cerdas dan tepat dalam bertindak. Perencanaan strategis diperlukan karena sasaran organisasi diarahkan kepada kepentingan masyarakat (Consumer Driven Oriented). Aparatur Dinas Pariwisata yang profesional secara intelektual, Manajerial da Behabioral (mampu, mau, dan mencintai tugasnya) akan sangat membantu terwujudnya pelayanan prima. Aparatur yang ahli dan mampu di bidangnya serta berwawasan ensiklopedis, akan mempercepat perubahan ke arah lebih baik yang kita inginkan. Ketepatan penempatan, pelatihan, mutasi dan rotasi pegawai yang lebih mengarah kepada kompetensi, akan pula memberi warna akselerasi.

Rencana strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) merupakan dokumen perencanaan Komprehensif dalam kurun waktu lima (5) Tahun kedepan, selanjutnya Renstra SKPD dijabarkan dalam rencana kerja (Renja) SKPD sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

Acuan utama penyusunan renstra SKPD adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) yang merupakan rumusan Visi, Misi, Isu-isu strategis, arah/kebijakan dan rencana program indikatif Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah. Renstra SKPD berisi visi, misi, tujuan, strategi dan kebijakan yang akan dijalankan oleh Dinas Pariwiata Kabupaten Lombok Barat periode 2014-2019.

Setiap Organisasi harus mempunyai tujuan yang akan dicapai baik dalam jangka menengah maupun jangka pendek sebagai arahan jalannya organisasi maupun untuk mengukur keberhasilan organisasi. Penyusunan Renstra Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat periode 2014-2019 diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam mewujudkan pencapaian pembangunan Kabupaten Lombok Barat sebagaimana tertuang pada Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lombok Barat periode 2014-2019.

Perubahan mendasar terhadap paradigma dan pendekatan perencanaan pembangunan sesuai pasal 25 PP Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Daerah Yaitu pada Ayat (1) dijelaskan bahwa SKPD menyusun Renstra SKPD dan pada Ayat (2) dijelaskan bahwa Renstra SKPD sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) memuat Visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan program dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Pada akhirnya Renstra Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Tahun 2015-2019 diharapkan mampu menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Kerja Tahunan sesuai dengan hasil pelaksanaan rencana pembangunan yang telah ditetapkan.

LANDASAN HUKUM

Rencana Strategis Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Tahun 2014 – 2019 disusun berdasarkan beberapa peraturan dan perundangan yang berkaitan dengan struktur organisasi, tugas dan fungsi, kewenangan Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat serta pedoman dalam pelaksanaannya. Adapun peraturan dan perundangan tersebut adalah:

  1. UU No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan,
  2. UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,
  3. UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah,
  4. UU No. 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusa dan Pemerintah Daerah
  5. PP No. 20 Tahun 2004 tentang Rencana Kerja Pemerintah,
  6. PP No. 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi dan Pemerintahan Kab/kota,
  7. PP No. 43 Tahun 2011 tentang tatacara penetapan kawasan khusus.
  8. PP No. 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025 (Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5262)
  9. Instruksi Presiden No.6 Tahun 2005 tentang kebijakan pembangunan Kebudayan dan Pariwisata
  10. PERMENDAGRI No. 54 Tahun 2010 tentang Tahapan dan Tata Cara Penyusunan Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra SKPD),
  11. Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat Nomor : 12 Tahun 2002 Tentang Usaha Pariwisata.
  12. Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat No. 11 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lombok Barat.
  13. Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat No 10 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah
  14. Peraturan Daerah Kab. Lombok Barat No. 6 Tahun 2016 tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Daerah 2016-2025
  15. Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pariwisata Halal
  16. Peraturan Bupati Lombok Barat No. 74 Tahun 2016 tentang Rincian Tugas Fungsi dan Tata Kerja Dinas Pariwisata

MAKSUD & TUJUAN

Rencana Strategis Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Tahun 2014– 2019 merupakan tindak lanjut dan implementasi dari pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Lombok Barat tahun 2014-2019. Selanjutnya, buku rencana strategis (Renstra) ini dimaksudkan sebagai acuan strategis dan operasional terkini khususnya bagi Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat dan secara umum bagi masyarakat pendukung pembangunan pariwisata Kabupaten Lombok Barat baik yang bergerak di sektor swasta, pers, lembaga swadaya masyarakat, masyarakat setempat, perguruan tinggi, instansi terkait, dan unsur insane pariwisata lainnya.  Adapun tujuan penyusunan Renstra ini adalah:

  1. Melaksanakan inventarisasi isu-isu terkini yang muncul dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Lombok Barat
  2. Menyatakan visi dan misi pembangunan  pariwisata di Kabupaten Lombok Barat
  3. Menentukan tujuan dan sasaran pembangunan pariwisata
  4. Menyusun strategi, kebijakan, program dan rencana kegiatan pengembangan pariwisata yang meliputi destinasi pariwisata, pemasatran pariwisata, industry pariwisata dan kelembagaan serta kemitraan pariwisata

Ruang lingkup Renstra ini menyatukan gerakan program semua Bidang Pariwisata Kabupaten Lombok Barat bersama seluruh stakeholder baik pemerintah, swasta, dan masyarakat Lombok Barat dan sekitarnya dalam kurun waktu 2014 – 2019.

Program-program dalam Renstra ini merupakan program substantif yang terstruktur, disusun menurut tingkat kepentingan memecahkan permasalahan. Struktur program akan menjadi acuan bagi penyusunan kegiatan tahunan agar tercapai sinergi dan kesinambungan dalam mencapai berbagai sasaran yang dicanangkan. Selain itu tujuan disusunnya RENSTRA Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat 2014-2019 adalah sebagai acuan/ pedoman penyusunan Rencana Kerja SKPD dan acuan penyusunan DPA SKPD selama lima tahun kedepan.

SISTEMATIKA PENULISAN

BAB I PENDAHULUAN

Bab ini menguraikan tentang latar belakang, landasan hukum, maksud dan tujuan penyusunan Renstra serta sistematika penulisan.

BAB II GAMBARAN PELAYANAN SKPD

Bab ini menguraikan tentang tugas, fungsi dan struktur organisasi SKPD, sumber daya SKPD, kinerja pelayanan SKPD, tantangan dan peluang pengembangan pelayanan SKPD.

BAB III ISU-ISU STRATEGIS BERDASARKAN TUGAS DAN FUNGSI

Bab ini menguraikan tentang identifikasi permasalahan berdasarkan tugas dan fungsi pelayanan SKPD, Telaahan Visi, Misi dan program Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah terpilih, Telaahan Renstra K/L dan Renstra, Telaahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Penentuan Isu-Isu Strategis.

BAB IV VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, STRATEGI KEBIJAKAN

Bab ini menguraikan tentang Visi dan Misi SKPD, tujuan dan sasaran jangka menengah SKPD, strategi dan kebijakan SKPD.

BAB V RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN, INDIKATOR KINERJA, KELOMPOK SASARAN DAN PENDANAAN INDIKATIF

Bab ini menguraikan tentang rencana program dan kegiatan, indikator kinerja, kelompok sasaran dan pendanaan indikatif.

BAB VI INDIKATOR KINERJA SKPD YANG MENGACU PADA TUJUAN DAN SASARAN RPJMD

Bab ini menguraikan tentang indikator kinerja SKPD yang secara langsung menunjukkan kinerja yang akan dicapai SKPD dalam lima tahun mendatang sebagai komitmen untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran RPJMD.

BAB VII PENUTUP

 

Sambutan
BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN LOMBOK BARAT
PPID KAB.LOMBOK BARAT
DISKOMINFO KAB.LOMBOK BARAT
HUMAS KAB. LOMBOK BARAT
PEMKAB LOBAR