01
Sep

small thumb

Dispar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam Ekowisata

Puluhan perwakilan Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) mengikuti kegiatan Pelatihan Pemandu Wisata Alam Ekowisata.

Kegiatan yang dilaksanakan di Wisata Alam Gunung Jae, Desa Sedau, Kecamatan Narmada ini dibuka oleh Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid bersama Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI, Zudan Arif Fakrulloh, Rabu (31/8/2022).

"Saya senang banget hari ini, di WA mas Fauzan (bupati,red), diajak buka acara di gunung jae. Kalau melihat seperti ini, asik ini. Malam hari ini jujur saya mendapat kenangan terbaik, ga menyangka saya berada di tempat ini. Kalau kita bicara pariwisata apalagi dengan ekowisata itu temannya adalah 3A yaitu aksesibitas, akomodasi, atraksi. Ini sudah terpenuhi, tinggal kualitasnya, gradenya dinaekan terus menerus. Pesan saya, buat sesuatu yang memiliki kenangan. Ingat, wisata adalah membuat kenangan," kata Zudan.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari sejak Rabu (31/8) ini khusus diikuti pokdarwis yang sudah menjalankan ekowisata di desanya.

Dalam pelatihan ini peserta dibekali ilmu untuk membangun branding potensi ekowisata di desanya. Diantaranya, Teknik Memandu oleh Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) NTB, Taufik Suadianto, Inovasi Produk Pariwisata oleh Akademisi Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram Dr. Sri Susanti, Digital Marketing oleh AA Eka Putri Dewi dari AHLI NTB, dan lainnya.

Selain materi, peserta juga melakukan kunjungan lapangan ke Desa Bilebante di Lombok Tengah yang sudah diakui berhasil mengembangkan ekowisatanya.