04
Nov

small thumb

Dispar Lobar Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam Selancar

Sebanyak 40 peselancar asal Sekotong dan Kawasan Senggigi mengikuti Pelatihan Pemandu Wisata Alam Selancar. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Penjabat Sekda Lombok Barat H. Ilham, Jumat (4/11/2022).

“Mudah-mudahan dengan pelatihan yang dilaksanakan ini mampu meningkatkan kemampuan pemuda kita menjadi garda terdepan untuk memajukan kepariwisatan di Lombok Barat,” harap Ilham.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Pariwisata selama tiga hari ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dalam pengelolaan pariwisata yang lebih profesional, khususnya dalam bidang kepemanduan wisata alam selancar.

“Tujuan dari kegiatan pelatihan pemandu wisata alam surfing ini adalah untuk mendapatkan SDM pariwisata pemandu selancar yang profesional dalam kepemanduan di kawasan spot surfing baik yang ada di kawasan Senggigi dan Sekotong,” terang Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H. M. Fajar Taufik.

Menurutnya, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu kunci keberlanjutan pariwisata yang kompetitif. Terlebih lagi untuk pemandu wisata alam selancar dimana Lombok Barat memiliki banyak spot yang sudah terkenal di kalangan peselancar dunia, salah satunya di wilayah Bangko-Bangko Kecamatan Sekotong yang lebih dikenal dengan Desert Point.

Ia berharap, melalui pelatihan ini para peserta memiliki hospitality dan kecakapan dalam memandu wisatawan dan bisa memperkenalkan spot surfing yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Seain itu juga mampu berinovasi dan kreatif menjual secara digitalisasi spot-spot surfing yang ada di Lombok Barat kepada para peselancar luar, baik domestik maupun mancanegara.

“Karena sesungguhnya SDM inilah yang dapat secara langsung akan menentukan keberlanjutan pariwisata yang dikelola,” katanya.

Dalam pelatihan ini, para peserta akan menerima materi dari para narasumber yang terdiri dari instruktur Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) NTB, DPD AELI NTB, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Lombok Barat, serta dari praktisi dan pelaku pariwisata yang ada di Lombok Barat.