15
Mar

small thumb

DPRD Karangasem Apresiasi Strategi Promosi Dinas Pariwisata Lombok Barat

Di setiap kegiatan baik berupa agenda promosi atau pengembangan kualitas SDM masyarakat maupun destinasi wisata, Dinas Pariwisata (Dispar) berusaha untuk melibatkan para pelaku pariwisata. Komitmen itu dilakukan sebagai bentuk kolaborasi bersama untuk membangun kepariwisataan di Lombok Barat (Lobar).

“Dinas Pariwisata tidak akan dapat bergerak tanpa peran serta pelaku wisata dan teman-teman media. Setiap event yang kita laksanakan pasti berkolaborasi dengan teman-teman pelaku dibantu dengan teman-teman media,” terang Lalu Rifhandani, Kepala Bidang Pemasaran Dispar Lobar saat menerima kunjungan Komisi IV DPRD Kabupaten Karangasem Bali, Selasa (15/3/2022).

Ia menjelaskan, sejak tahun lalu setiap event yang ada tidak dilaksanakan secara terpusat. Event yang ada kemudian dipecah menjadi aneka event dan digelar di beberapa lokasi. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan massa.

Tidak hanya hotel, event yang digelar Dispar juga digelar di kawasan kuliner, pusat oleh-oleh, destinasi wisata, dan desa wisata yang ada di Lombok Barat.

“Di tengah kondisi sulit, kita ingin setiap kegiatan berdampak langsung kepada masyrakat dan pelaku usaha jasa pariwisata yang saat itu kita ketahui sangat terpuruk akibat Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Komisi IV DPRD Karangasem Nyoman Rena selaku ketua rombongan mengaku sangat mengapresiasi strategi kolaborasi yang dilakukan Dispar Lobar dengan para pelaku wisata.

Menurutnya, hal itu sangat patut ditiru terlebih kemanfaatan dari strategi tersebut sangat diperlukan oleh para pelaku wisata. Diakui Nyoman Rena, kondisi pariwisata di Karangasem saat ini sangat memperihatinkan. PAD dari sektor pariwisata bahkan turun hampir 70%.

"Kita perlu melakukan kunjungan kerja guna mencari strategi, solusi, dan inovasi. Saya sangat mengapresiasi apa yang disampaikan Pak Kabid Pemasaran tadi. Dengan kunjungan ini kami berharap mendapatkan bekal untuk diterapkan di daerah kami,” kata Nyoman Rena.