20
Apr

small thumb

Enam Desa Wisata di Lombok Barat Lolos 500 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022

Enam Desa Wisata di Lombok Barat masuk ke dalam 500 besar desa wisata, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Keenam desa itu adalah Desa Wisata Banyumulek, Desa Wisata Batu Putih, Desa Wisata Lembar Selatan, Desa Wisata Buwun Sejati, Desa Wisata Batu Kumbung, dan Desa Wisata Mekarsari.

 

Hal itu diumumkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno melalui akun media sosial Jejaring Desa Wisata, Selasa (19/04/2022) malam. Keenam desa wisata ini lolos ke 500 besar setelah bersaing dengan 3.419 desa wisata lainnya dari seluruh Indonesia yang turut serta tahun ini.

 

“Setelah melewati serangkaian tahapan kurasi, berdasarkan penilaian dari Dewan Juri terhadap 7 kategori penilaian, klasifikasi dan kelengkapan data yang ada di website Jadesta, dengan bangga kami umumkan 500 besar desa wisata, ADWI 2022,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

 

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H. M. Fajar Taufik mengatakan dari 60 desa wisata yang ada di Lombok Barat, hanya 18 desa wisata yang mendaftar dalam ADWI tahun ini. Namum hanya 13 desa yang mengirimkan dokumen ke pusat.

 

Taufik menjelaskan, penilaian dalam lomba ADWI tersebut dilakukan secara berjenjang, dimana dari 3.000 peserta desa wisata yang ditargetkan akan diseleksi menjadi 500 desa wisata. Selanjutnya, dari 500 peserta yang lulus diseleksi menjadi 300 peserta, selanjutnya diseleksi menjadi 100 hingga 50 desa wisata.

 

Sedangkan untuk indikator yang menjadi penilaian dalam lomba tersebut diantaranya, manajemen pengelolaan, kebersihan, CHSE, pelaku UMKM, digital konten dan kelembagaan.

 

“Alhamdulillah enam desa kita di Lombok Barat berhasil masuk 500 besar. Selanjutnya menuju 300 besar akan dikurasi lagi oleh juri ADWI dari dokumen yang sudah terkirim untuk bertarung lagi dengan 500 desa wisata yang sudah masuk,” terang Taufik.