08
Okt

small thumb

EVENT Festival Pesona Senggigi Targetkan Staycation Meningkat

Setelah sukses dengan rangkaian event Road to Pesona Senggigi, Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar)  akan menggelar Main Event Festival Pesona Senggigi yang akan di selenggarakan di empat hotel berbeda di kawasan Senggigi.

Festival Pesona Senggigi selain sebagai ajang penyambutan World Superbike (WSBK) Mandalika, juga sebagai upaya untuk meningkatkan lama tinggal atau staycation wisatawan di Lobar.

Hal itu disampaikan Eliana Noor selaku pihak ketiga pelaksanaan Festival Pesona Senggigi dalam acara Konferensi Pers di Holiday Resort Lombok, yang dihadiri oleh Sekretaris Dispar Lobar, H. Khalid dan jajaran serta General Manager (GM) Holiday Resort Lombok, Kamis (7/10/2021)

Dikatakan Eliana, Festival Pesona Senggigi tahun ini sebenarnya sama dengan tahun-tahun sebelumnya, namun konsepnya telah diubah. “Kita mengubah konsepnya dengan bergandengan dengan rekan-rekan pelaku usaha dalam hal ini hotel,” ujarnya.

Hotel-hotel partner yang digandeng dalam event ini antara lain yaitu Holiday Resort Lombok, Aruna Senggigi Resort & Convention, Killa Senggigi Resort dan The Jayakarta Hotel.

"Untuk pelaksanaannya diserahkan ke pihak hotel untuk meramu semua acara sebagai untuk meningkatkan staycation mereka," ucap Eliana di hadapan pers yang hadir.

Ia berharap, dengan menggandeng hotel untuk acara ini, bisa memberikan stimulus untuk meningkatkan okupansi hunian di hotel-hotel yang ada di Senggigi.

Yang terdekat, pada tanggal 10 Oktober ini, akan ada Senggigi Electronic Dance Music Festival yang bertempat di Holiday Resort Lombok.

Dalam kegiatan ini akan ada penampilan 9 disjoki (DJ) yang akan unjuk kebolehan dalam menyajikan ramuan musik elektronik yang siap menghibur para pengunjung dimulai dari pukul 13.00 wita.

Menariknya, semua DJ yang akan tampil adalah DJ lokal asli Lombok dan yang berasal dari sekolah-sekolah DJ yang ada di Lombok, seperti Lombok DJ School, Gitok DJ & Organizer, Dizco Mafia DJ School, serta Bonkies DJ School dan DJ School Lombok.

Kehadiran para DJ lokal ini diharapkan agar publik mengetahui bahwa di Pulau Lombok memiliki banyak talenta DJ berbakat dan bahkan sudah ada beberapa sekolah DJ yang telah berdiri.

Tanggapan positif tentang event Festival Pesona Senggigi ini kemudian datang dari General Manager (GM) Holiday Resort Lombok, Ketut Jaya. Iya mengapresiasi event yang diselenggarakan di empat hotel berbeda ini.

"Penting dalam situasi ini, Dispar terdepan dalam upaya memulihkan pariwisata di Senggigi, salah satunya dengan Event Festival Pesona Senggigi ini, ini tentu sangat membantu okupansi hotel-hotel di Senggigi," ucap Ketut Jaya.

Tanggapan positif Ketut Jaya terhadap event ini dibarengi harapan bahwa setidaknya kredibilitas kawasan Senggigi semakin baik khususnya dalam menyambut gelaran World Super Bike di Mandalika tahun ini.

“Dengan ini juga kita sampaikan kepada wisatawan, bahwa Senggigi secara kesiapan, dari angka vaksinasi pelaku pariwisata, penerapan protokol kesehatan hingga kesiapan dalam hal event, kita sudah sangat siap,” ucapnya.

Menyusul tiga rangkaian kegiatan lainnya dalam event Festival Pesona Senggigi ini masing–masing adalah ‘Art Reborn’ di Aruna Senggigi Resort & Convention pada tanggal 22-24 Oktober, yang akan menampilkan pagelaran seni budaya, festival tari kreasi NTB serta festival lagu daerah NTB.

Selanjutnya pada tanggal 29 Oktober akan ada Mixiology Competition dan atraksi jugling serta fire dance di Kila Senggigi Beach Lombok.

Yang terakhir tepatnya tanggal 30 Oktober, akan ada lomba rias pengantin Sasak dengan tajuk ‘The Beautiful Bride of Sasak Lombok’ yang dilanjutkan dengan fashion show dari para peserta lomba rias tersebut.