14
Jun

small thumb

Jelang Kunjungan Menparekraf ke Desa Buwun Sejati, Tim Pendamping Lakukan Evaluasi

Pagi tadi (14/6) Bupati H. Fauzan Khalid mengunjungi Desa Buwun Sejati untuk melihat kesiapan desa menjelang kunjungan Tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI ke desa yang berada di Kecamatan Narmada ini.

Kunjungan yang rencananya akan dilakukan pada 24 Juni mendatang adalah dalam rangka penilaian ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Seperti yang diketahui Desa Buwun Sejati berhasil masuk dalam 50 besar ADWI 2022 mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di waktu yang sama, tim pendamping kabupaten yang dipimpin Sekretaris Daerah Pemkab Lombok Barat, H. Baihaqi didampingi sejumlah Kepala OPD dan perwakilan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram bersama perangkat Desa Buwun Sejati melakukan evaluasi menjelang kunjungan Mas Menteri dan rombongan.

"Tentunya kita tidak hanya berbicara soal juara, akan tetapi setelah Desa Buwun Sejati ini menjadi juara tentu dia akan menjadi pilot project dan menjadi contoh tidak hanya di level lokal tapi juga di level regional bahakan nasional," kata Baihaqi.

Ia mengingatkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama yang berkaitan dengan apa yang dinilai, teknis penilaian dan sasaran penilaian.

Dari tujuh kategori yang menjadi penilaian pada ajang ADWI tahun ini diharapkan semuanya bisa dipersiapkan secara optimal dan maksimal.

"Karena sekali lagi kita tidak hanya bicara juara akan tetapi sustainable atau keberlanjutan dari desa wisata buwun sejati ini kedepannya," ujarnya.