04
Mar

small thumb

Meriahkan WSBK, The Jayakarta Lombok Gelar Festival Budaya Sasak

Untuk memeriahan event World Super Bike (WSBK) yang digelar dari tanggal 3-5 Maret di Mandalika, The Jayakarta Lombok Resort and Spa menggelar Festival Budaya Sasak, Sabtu (4/3).

Festival Budaya Sasak menyuguhkan penampilan dari siswa-siswi SMA/SMK dan sanggar yang ada di Lombok Barat dan Mataram, antara lain dari SMKN 4 Mataram, SMKN 7 Mataram, SMKN 1 Batulayar, dan SMKN 2 Lingsar serta Sanggar Terune Jaye Narmada, dan Sanggar Devayoni Gunungsari.

Tari Kembang Sembah, Tari Rudat, Tari Dedare Nyesek hingga ditutup dengan atraksi Presean sukses memeriahkan kegiatan yang mengambil tempat di Halaman Hotel The Jayakarta Lombok.

"Selain menyambut WSBK acara ini bertujuan untuk mengangkat budaya lokal kita. Jadi kita melibatkan (siswa) dari SMA/SMK untuk berpartisipasi karena di sekolah itu kan ada ekskul kesenian daerah," ungkap Sales Marketing The Jayakarta Lombok, Lalu Hendrayadi saat ditemui di lokasi.

"Jadi mereka latihan berbulan-bulan ekskulnya dan kita kasi pentas di panggung," lanjutnya.

Selain pentas seni dan budaya kegiatan ini juga menyuguhkan pameran UMKM dari 16 UMKM yang tergabung dalam kelompok UMKM PERWIRA (Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia).

Selain itu, Festival Budaya Sasak ini juga dikatakan Hendra adalah kegiatan untuk meningkatkan tingkat hunian hotel dan memberikan citra kepada hotel Jayakarta Lombok sebagai hotel yang ramah masyarakat.

"Jadi bagaimana dengan kegiatan ini tidak ada kesan hotel yang terlalu mahal yang wah, jadi semua lapisan masyarakat bisa masuk ke Jayakarta, karena saat masa pandemi justru yang banyak membantu adalah dari market lokal Lombok," paparnya.

Tingkat hunian di The Jayakarta Lombok sendiri sampai kegiatan ini berlangsung disebutkan Hendra terus mengalami peningkatan.
"Hingga malam ini alhamdulillah meningkat terus, dari 50 kamar, sekarang sudah terisi hampir 80 kamar, dari teman-teman travel agent, dari dinas, juga ada guru-guru dari sekolah yang ikut tanpil di festival ini," sebut Hendra.

Tidak hanya menampilkan pertunjukan seni budaya dan Pameran UMKM, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan Senam Zumba bersama, Live Music hingga Doorprize.

Irma Septiana, guru sekaligus pembimbing ekskul tari dari SMKN 2 Lingsar mengaku sangat mengapresiasi kegiatan Festival Budaya Sasak yang digelar The Jayakarta Lombok ini.

Bagi dia dan siswanya, kegiatan ini sangat penting sekali untuk menambah jam terbang siswa-siwa yang tergabung dalam ekskul tari.

Selain itu menurutnya kegiatan bisa menjadi motivasi kepada siswa untuk lebih mengenal budaya terutama budaya Sasak sendiri.