22
Agu

small thumb

Ribuan Pesepeda Ramaikan Senggigi Cycling Day

Ribuan pesepeda mengikuti Senggigi Cycling Day (SCD) atau Hari Senggigi Bersepeda di Kawasan Wisata Senggigi Kecamatan Batulayar, Minggu (21/8/2022). Para pesepeda dari berbagai komunitas dan segala umur ini dilepas Bupati Lobar H. Fauzan Khalid di Tanjung Bias 1.

Rute yang dilalui pesepeda adalah sejauh 12 kilometer mulai dari Tanjung Bias Desa Senteluk menuju Mangsit Desa Senggigi.

Selama perjalanan, pesepeda dapat menikmati pemandangan kawasan Senggigi yang begitu indah. Selain itu juga ada atraksi kesenian yang ditempatkan di beberapa titik strategis untuk menyemangati para peserta SCD.

Kegiatan bersepeda yang digelar Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pariwisata (Dispar) ini menjadi launching atau kegiatan pembuka dari SCD berikutnya.

Dengan tujuan menggaungkan kepariwisataan di Senggigi sekaligus mensosialisasikan hidup sehat dengan berolahraga, SCD direncanakan menjadi event mingguan Pemkab Lobar.

"Kami Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bekerjasama dengan seluruh pelaku pariwisata yang ada di Senggigi ini memberikan ruang seluas-luasnya kepada para penghobi sepeda untuk berolahraga sekaligus berwisata. Untuk memanfaatkan ruang itu dari jam 6 pagi sampai jam 9 pagi setiap hari minggu," ucap Bupati Fauzan.

Konsep Senggigi Cycling Day (SCD) ini dikatakan Fauzan kurang lebih sama dengan kegiatan car free day atau hari bebas berkendara. Namun SCD dikhususkan bagi pesepeda yang ingin menikmati keindahan Senggigi sambil mengayuh sepeda.

"Insya Allah mulai hari minggu ini sampai tiga minggu kedepan Pemkab Lobar akan tetap mensupport kegiatan ini. Setelahnya, kami berikan kepada para pesepeda. Silahkan manfaatkan ruang seluas-luasnya," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dispar Lobar H. M. Fajar Taufik juga menjelaskan bahwa kegiatan ini masih akan dilaksanakan minggu depan dengan konsep serupa.

Dikatakannya, sesuai arahan bupati, SCD ini akan dilanjutkan dan dikawal oleh Pemkab Lobar bersama Senggigi Hotels Association (SHA) dan pelaku usaha jasa pariwisata lainnya yang ada di Kawasan Senggigi.

“Insya Allah Minggu depan tanggal 28 akan kita laksanakan lagi. Titik startnya tetap di Tanjung Bias kemudian finishnya di Sea View Aruna Senggigi," terang Taufik.

Ia menambahkan, pada kegiatan ini, dari sepuluh ribu lembar tiket berupa kupon yang disiapkan, itu tersisa dua ribu tiket saja. Artinya, antusias masyarakat sangat tinggi mengikuti event ini.

"Kita berupaya terus untuk membangkitkan pariwisata di Lobar terutama di Senggigi yang selama ini sepi. Mudah-mudahan dengan kegiatan atau event-event seperti ini pariwisata Senggigi lebih menggeliat lagi," harapnya.

Selain kegiatan funbike, Launching Senggigi Cycling Day ini juga diramaikan dengan adanya kegiatan senam bersama, bazaar UMKM Lombok Barat serta penampilan sejumlah atraksi tari dan kreasi dari sejumlah sekolah-sekolah yang ada di Lombok Barat.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan pembagian doorprize bernilai ratusan juta rupiah termasuk paket umroh gratis.