13
Mei

small thumb

Sambut ADWI Desa Buwun Sejati Terus Berbenah

Menjadi satu-satunya desa wisata yang mewakili Kabupaten Lombok Barat dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, Desa Buwun Sejati terus berbenah. Kali ini Desa Buwun Sejati bersama Dinas Pariwisata menggandeng tim dari Associaton of Hospitality Leader Indonesia (AHLI) NTB dan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram sebagai pendamping.

Ketua DPD AHLI NTB, Ketut Jaya Kusuma mengatakan pihaknya bersama STP Mataram dan Pemerintah Daerah sangat antusias memberikan dukungan berupa pendampingan kepada Desa Wisata Buwun Sejati. Baik itu dalam hal pelatihan Sumber Daya Manusianya, ataupun nanti dari segi teknikal pengelolaan homestay yang ada di sekitar kawasan wisata tersebut.

"Tadi kita sudah sama-sama melihat, dan saya melihat secara fisik bangunannya sudah oke tinggal nanti perlu ditingkatkan kebersihan, kerapian dan amenitas kelengkapannya saja yang perlu ditingkatkan. Saya pikir untuk homestaynya tidak banyak lagi PR nya,” jelas Ketut Jayasaat turun pendampingan, Kamis (12/5/2022).

Sementara itu Ketua Pokdarwis Desa Buwun Sejati, Khairul Uzain mengatakan pihaknya sejauh ini sudah melakukan persiapan terutama untuk Pokdarwis dan pengelola wisata.

"Jauh sebelum ADWI ini kita sudah programkan bersama teman-teman Pokdarwis termasuk diantaranya pelatihan guide, kursus bahasa Inggris dan juga study tour,” ungkap Khairul.

Karena dirinya merasa sangat penting untuk melakukan study tour terutama buat pengelola destinasi wisata.

"Karena tidak cukup dengan pengetahuan disini saja jadi mereka perlu untuk belajar keluar terutama ke desa-desa wisata yang sudah maju. Dan saya optimis kita bisa masuk 5 besar pada ajang ADWI tahun ini,” ujarnya.