30
Jul

small thumb

Sejumlah Event Siap Digelar Pemkab Lombok Barat di Senggigi

Setidaknya akan ada empat event besar di kawasan Senggigi yang akan digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat (Lobar) dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat menghadiri Tourism Bussiness Forum malam tadi (29/7/2022) di Hotel The Jayakarta Senggigi.

"Yang pertama, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI, kita di Senggigi Inysa Allah akan launching kegiatan Senggigi Cycling Day," ucap Fauzan di hadapan para pelaku industri pariwisata Senggigi yang hadir malam tadi.

Kegiatan ini disebut bupati nantinya direncanakan dapat menjadi kegiatan rutin yang secara otomatis dilakukan masyarakat setiap minggunya untuk menikmati Senggigi dengan bersepeda.

"Kita ingin sekali di kawasan jalan Senggigi ini, misalnya setiap hari minggu dari jam 6 sampai jam 9 ada model car free day, tapi khusus dengan bersepeda," lanjutnya.

Event selanjutnya adalah event Senggigi Sunset Jazz 2022. Event tahunan Lombok Barat yang sempat absen sejak 2019 dikarenakan pandemi Covid-19 ini diungkapkan Fauzan akan diadakan di bulan November mendatang.

"Ini sudah resmi akan kita adakan di bulan November, ini sudah ada sponsornya, sudah resmi," cetusnya.

Selanjutnya akan ada event olahraga Ironman 70.3 Lombok Indonesia sudah resmi juga akan diadakan pada tanggal 8 Oktober tahun ini.

"Untuk olahraga, selain Ironman yang sudah resmi, saat ini kuga kita sedang mencari sponsor untuk Senggigi Marathon," imbuh Bupati dua periode ini.

"Bayangan saya, Senggigi Marathon ini lari dari Senggigi, kalau marathon itu dari Senggigi sampai Pemenang (KLU) bolak-balik dan tetap finish di Senggigi dan kalau half marathonnya sampai Nipah. Rencananya ini bulan Desember," tandasnya.

Rencana ini kemudian mendapatkan respon positif dari para pelaku pariwisata yang hadir, salah satunya Awan Aswinabawa.

"Ini tentu rencana yang sangat menarik, kita lihat Trawangan sudah ramai, so kita juga harus melakukan sesuatu di Senggigi," ucapnya.

Ia berharap para pelaku wisata khususnya di Senggigi bisa menjalin hubungan dan kolaborasi yang baik dengan pemerintah daerah untuk segera mengembalikan Senggigi sebagai salah satu destinasi wisata terbaik.

Di tempat yang sama, Ketua DPD Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) NTB, Sahlan M Saleh meminta agar event-event yang ada di Lombok Barat bisa ditetapkan waktunya jauh sebelum kegiatan dilaksanakan.

"Kami (Travel Agent) butuh tanggal pasti dari jauh-jauh hari, agar event-event ini bisa kita jual juga menjadi paket," ucapnya.

Kegiatan rutin antara pemda Lombok Barat dengan pelaku industri pariwisata di Senggigi malam tadi juga dihadiri oleh Asisten I Agus Gunawan, Kepala Dinas Pariwisata Lobar H.M Fajar Taufik, Kepala Bapenda Lobar H. Suparlan serta Kepala Desa Senggigi Mastur.

Selain diskusi, kegiatan juga diselingi dengan sosialisasi aplikasi SiJempol Jari oleh BNI 46. Aplikasi ini merupakan inovasi Pemkab Lobar bekerjasama dengan BNI46 untuk pembayaran pajak secara cashless bagi wajib pajak. Hadir dalam kesempatan itu Asisten Vice President BNI46 Pusat Titin Kartini, Pimpinan Cabang Mataram BNI46 Richard Dahlan, dan Wakil Pimpinan Cabang Mataram BNI46 Enny Sujati.