17
Nov

small thumb

Studi Banding, Dispar Lombok Barat dikunjungi DPRD Gunungkidul

12 perwakilan Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Dearah (DPRD) Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sambangi kantor Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar), Kamis (17/11/2022).

Kunjungan perwakilan Komisi B DPRD Kabupaten Gunungkidul ini dalam rangka studi banding terkait pembangunan pariwisata daerah di Lombok Barat. Hal tersebut disampaikan Drs. Sugito, M.Si. Ketua Komisi B DPRD Gunungkidul yang skaligus menjadi ketua rombongan.

"Komisi B memang menaruh perhatian terhadap pariwisata, jadi kami datang ke sini mau mencari referensi bagaima awal hingga proses pembangunan pariwisata," cetus Sugito.

Diakuinya, Kabupaten Gunungkidul mempunyai sejumlah masalah terkait pembangunan kepariwisataan, atas dasar itu ia berharap kunjungannya ke Lombok Barat bisa memberikan gambaran bagaimana suatu daerah mengelola kepariwisataan. "Mulai dari mana, pendapatannya dari mana hingga penarikan retribusinya seperti apa," terangnya.

Referensi yang didapat dari kunjungan ini juga disebut Sugito diharapkan mampu membantu DPRD khususnya Komisi B untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah eksekutif di Kabupaten Gunungkidul.

"Tidak hanya dengan eksekutif di pemerintahan, kita juga mau tau bagaimana melibatkan masyarakat, komunitas dan stakeholder lainnya dalam membangun kepariwisataan di sini," sambungnya.

Setelah kunjungan ke kantor Dispar Lobar, rombongan DPRD Kabupaten Gunungkidul ini berencana akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Lombok Barat yang kiranya bisa memberikan bahan perbandingan dengan Gunungkidul.

Selain ke destinasi-destinasi wisata, rombongan juga diarahkan untuk berkunjung ke dinas terkait yang masih berkaitan langsung dengan kepariwisataan.